EMCL Gelar Pelatihan Usaha Alternatif untuk Perempuan Bojonegoro

0
42

Sekitar 30 perempuan asal Desa Ngablak dan Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti pelatihan usaha alternatif dan kesehatan yang diinisiasi oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), bersama mitra Komisi Mitra Dhuafa, Jumat (18/10).

Kegiatan yang digelar di Hotel Griya Dharma Kusuma ini, merupakan bagian dari program PERMATA (Perempuan Kepala Rumah Tangga) bertujuan untuk mendampingi dan mendukung para perempuan dalam memulai usaha mandiri untuk keluarga dan anak-anak mereka.

Salah satu peserta yang hadir, Rukmini (34 tahun), mengaku bahwa pelatihan ini menyadarkannya akan peluang usaha-usaha alternatif yang bisa ia kembangkan. “Terima kasih kepada EMCL yang telah membantu lewat pelatihan ini, saya jadi tahu bahwa ada berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan lewat usaha yang telah saya miliki,” ujar Rukmini.

Sebagai Ibu, para peserta dari program PERMATA ini juga diberi pemahaman akan pentingnya kesehatan lingkungan yang bisa dimulai dari rumahnya sendiri terutama untuk menjaga kesehatan anak dan keluarga.

“Dari pelatihan ini, banyak tergali potensi usaha alternatif baru seperti jajanan Es Pensil, Es Kelapa Muda Permata, dan Tahu Crispy Ulala yang secara spontan muncul dari hasil diskusi,” ujar Feri, salah satu fasilitator pelatihan dari KOMIDA. “Semoga para ibu terus termotivasi untuk mengembangkan usahanya demi kesejahteraan anak dan keluarga mereka di rumah”, tutupnya.

Program PERMATA merupakan salah satu komitmen EMCL dalam pengembangan ekonomi kerakyatan yang sekaligus memberikan manfaat kepada kaum minoritas salah satunya Ibu Rumah Tangga sebagai kepala keluarga.

“Para Ibu-Ibu yang hadir di sini sangat luar biasa, memiliki semangat juang tinggi untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Harapan kami bahwa kedepannya mereka dapat terus menjalankan usahanya secara mandiri,” ujar Galih Tiara, Perwakilan Humas EMCL. (*/Red)