FRB dan EMCL Menggelar Lokakarya Radio Komunitas

0
139
Suasana kegiatan lokakarya radio komunitas di gedung Pusat Inkubasi Bisnis (PIB), Sabtu (15/12)

Gayam (15/12) Forumradiobojonegoro.com – Untuk meningkatkan semangat pegiat radio komunitas di sekitar Kecamatan Gayam Bojonegoro, Forum Radio Bojonegoro (FRB) bersama operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyuurip ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar Lokakarya Radio Komunitas di Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam Bojonegoro Jawa timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta dari tiga radio dengan mengkolaborisakan latar belakang dari Pemerintahan Desa, Karang Taruna dan Pegiat radio yang ada di Kecamatan Gayam. diantaranya Radio Sudu, Radio Katur dan Radio Suara Banyuurip.

Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono menuturkan, peran radio sebagai media yang ikut serta memberikan kontribusi positif dalam memberikan informasi kepada masyarakat. pihaknya siap mendukung kegiatan positif FRB untuk mengoptimalkan peran radio komunitas yang ada disekitar tempat operasi migas lapangan banyuurip EMCL.

“Teruslah belajar untuk memberikan informasi serta berita yang positif dan inspirasi kepada pendengar” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojoneoro, Kusnandaka Tjatur P. mengapresiasi kegiatan lokakarya tersebut, pasalnya FRB sebagai salah satu mitra yang cukup dekat dengan Dinkominfo dan turut serta berkontribusi dalam membangun keterbukaan di Bojonegoro.

“Saya mengapresiasi kegiatan FRB selama ini, peran serta kontribusi membangun radio di Bojonegoro masih konsisten selama empat tahun ini” ucapnya.

Dalam kegiatan lokakarya ini menghadirkan Direktur utama Suara Surabaya Media, Errol Jonathans. dalam materi yang disajikan kepeserta, Mas Errol sapaan akrabnya memberikan teori dasar sampai karakterisitrik radio dan membangun program yang disesuaikan kebutuhan radio komunitas.

Kegiatan lokakarya ini sebagai lanjutan “Training of Trainer” yang telah dilaksanakan di kota Semarang Jawa tengah beberapa waktu lalu. para pendamping yang telah ikut serta dalam pelaksanaan sebelumnya akan mendampingi radio-radio komunitas untuk lebih optimal dalam membuat program yang lebih baik dan memberikan acara yang dibutuhkan pendengar dan anggota radio komunitas. (*