Jalin Silaturahmi Dengan Awak Media, PEPC menggelar Lokakarya

0
29

Guna menjalin silaturahmi dengan awak media, Operator Unitisasi Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB )Pertamina EP Cepu (PEPC ) menggelar kegiatan Lokakarya Media dan Media Gathering di kantor PEPC turut Desa Talok Kecamatan Kalitidu Bojonegoro, Senin 26 November 2018. Kegiatan tersebut mengambil tema Jurnalisme Masa Kini Antara Hoax dan Kebutuhan.

Pada kegiatan yang diikuti oleh puluhan awak media, baik media online, TV, maupun media radio ini diisi dengan berbagai penyampaian materi, seperti materi dalam menyikapi berita hoax yang disampaikan langsung oleh Kapolres Bojonegoro AKBP.Ary Fadli, serta peran jurnalisme masa kini dalam menyikapi berita hoax di masyarakat yang disampaikan oleh Corporate Secretary Tempo, Wahyu Muryadi. Para awak media juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab.

Public Government Affair Manager PEPC Kunadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa media berperan sangat penting dalam penyampaian informasi ke masyarakat.
“Pers adalah sebagai media utama dalam berdemokrasi. Dengan adanya media, maka penyampaian informasi apa pun termasuk PEPC bisa langsung disampaikan ke masyarakat tanpa kami harus turun langsung” katanya.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro AKBP.Ary Fadli dalam paparannya menyampaikan adanya media di era sekarang ( jaman now ) sangat memudahkan masyarakat untuk saling berinteraksi dengan yang lainnya. Untuk itu peran jurnalis atau media sangat penting untuk mendampingi masyarakat dalam menanggulangi penyebaran berita hoax, terutama di media sosial.
“Segala informasi yang muncul di medsos itu harus disertai dengan bukti kebenarannya, dan peran media di sini sangatlah penting untuk membuktikan kebenaran benar atau tidaknya informasi itu” paparnya.
Kapolres juga mengingatkan bahwa penyebar berita hoax nantinya bisa diancam dengan Undang-Undang no.11 tahun 2008 tentang ITE.

Selanjutnya Corporate Secretary Tempo, Wahyu Muryadi dalam pemaparan materinya juga mengingatkan kepada para jurnalis bahwa faktor kepercayaan terhadap masyarakat adalah nilai terpenting dalam profesi seorang jurnalis profesional.

Kegiatan lokakarya media ini juga disertai dengan kunjungan awak media ke program pengembangan masyarakat binaan PEPC , yakni di Kelompok pengrajin Batik di Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo dan Budidaya Ayam petelur Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem Bojonegoro.
Pada kesempatan tersebut para penerima manfaat sangat berterimakasih kepada PEPC karena program pengembangan masyarakat yang diberikan bisa meningkatkan perekonomian mereka.
( Citra )