Kabupaten Bojonegoro Menerima Sertifikat Geopark Nasional

0
356

KILAS-BERITA-3-838x1024Bojonegoro (25/11) forumadiobojonegoro – Selain menerima penghargaan di ajang Anugrah Humas Media 2017, Kabupaten Bojonegoro baru-baru ini juga menerima sertifikat Nasional dari Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia atas lolosnya sebanyak tujuh situs Geopark di wilayah Kabupaten Bojonegoro, untuk diverifikasi menjadi Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG). Penyerahan sertifikat Geopark Nasional ini diserahkan langsung oleh Setyo Yuliono yang mewakili Bupati Suyoto di Pulau Belitung.
Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Bojonegoro, Dharmawan, menyampaikan, ketujuh situs geopark di Bojonegoro yang lolos verifikasi itu adalah kilang minyak di Wonocolo, Struktur Antiklin di Desa Kawengan, puncak Antiklin, bagian sayap kanan dan sebagian sayap kiri, yang semuanya lokasinya berada di Kecamatan Kedewan. Selain itu, situs geopark lainnya berada di Kayangan Api Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, Dung Lantung Desa Ndrenges, Kecamatan Sugihwaras, serta lokasi temuan fosil gigi hiu purba di Desa Jono, Kecamatan Temayang. “Sesuai potensinya, geopark Bojonegoro masuk hamparan minyak bumi,” ungkap Darmawan.
Bupati Bojonegoro, Suyoto, mengatakan adanya tujuh situs Geopark ini tidak lepas dari masa lalu Bojonegoro yang dulunya berupa lautan. Selain itu, juga adanya hutan jati yang dulunya berupa pesisir pantai, Lapangan Migas, serta adanya fosil laut yang ditemukan di Bojonegoro.
Sumber : http://www.kanalbojonegoro.com/bojonegoro-terima-sertifikat-geopark-nasional-di-belitong/