Kang Yoto Mengajak Siswa Berpikir Cerdas dan Terus Berusaha

0
699

Kapas (21/11) forumradiobojonegoro -Bertempat di gedung olahraga Sekolah Model Terpadu (SMT) Desa Sukowati Kecamatan Kapas, berlangsung acara Percepatan Pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2017, yang dihadiri Bupati Bojonegoro Suyoto, jajaran dinas pendidikan, staf ahli dari Kementerian Sosial, pada Senin 20 Nopember.
Bupati Bojonegoro, Suyoto, mengajak beberapa siswa untuk berdialog dan berinteraksi langsung terkait pemahaman mereka tentang cara hidup sukses dan pentingnya menjadi orang yang pintar karena mempunyai akal dan pikiran untuk berusaha. “Para guru agar selalu mengajak siswanya untuk berdiskusi dan berpikir menjadi orang sukses,” harap Suyoto.
Kelompok Kerja Kepala Sekolah, K3S Kecamatan Kapas, Mei Nugroho menjelaskan, siswa yang berhak memperoleh PIP akan mendapatkan dana sebesar 225 ribu rupiah per anak untuk siswa kelas enam Sekolah Dasar. Sedangkan untuk siswa kelas satu sampai Kelas lima mendapat 225 ribu rupiah per semester. Persyaratan untuk mendapatkan  program ini, wali murid atau siswa memiliki kartu PKH atau sejenisnya, yang diusulkan ke Dinas Sosial dan diverifikasi Kementerian Sosial. Dimana Setiap siswa mendapatkan sekali program PIP dengan pencairan bertahap,” ujar Mei Nugroho.
Sementara, Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Chumaidi, menjelaskan untuk pencairan dana PIP ini, kementerian sosial bekerjasama dengan dengan Bank BRI. Dan Kabupaten Bojonegoro paling besar penyerapannya, mencapai angka 90 persen dari seluruh siswa yang menerima program ini. Pencairan PIP kemarin di pusatkan untuk Kecamatan Kapas dan Trucuk, sedangkan hari ini untuk Bojonegoro dan Kecamatan Dander,” tambah Chumaidi.