Melihat Geliat Pameran Seni Rupa Bojonegoro

0
148

Bojonegoro (FRB) – Dunia seni rupa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur seakan bergeliat kembali. hal itu terlihat dari antusiasme perserta sarasehan Ngobrol bareng perupa dan lintas komunitas yang dilaksanakan di Gedung PCK Bojonegoro, Selasa (06/08).

Endro Lukito, Ketua Panitia penyelenggara pameran seni rupa menuturkan, pameran ini sebagai langkah positif untuk memberi wadah bagi para seniman di Bojonegoro untuk kembali eksis.

“Ada dua hal yang penting dalam berkesenian, yakni pasar dan wacana. ketika industri digarap, dan kualitasnya ditingkatkan akan menghasilkan sebuah karya” ujarnya.

SAMIN: Samin Surosentiko, salah satu karya seniman Bojonegoro, Eko Peye.

Hendro menambahkan, dari semua hasil karya yang dipamerkan merupakan kreatifitas para anggota komunitas sang rupa.
“Kreatifitas itu melalui proses yang diasah melalui pengalaman dan sekolah seni” ucap pria yang kesehariannya mengajar ini.

Hadir pula Siti Mutma’inah, Kepala Bidang (Kabid) Industri Kimia Elektronika Logam Mesin Tekstil dan Aneka (KEMELTA). dalam paparannya dia berharap sang rupa di Bojonegoro mulai mendata anggotanya. hal ini untuk memudahkan koordinasi dalam mewujudkan pola kerjasama yang baik kedepan.

“Seni rupa ini masuk dalam salah satu 16 sub sektor di Dinas perindustrian Bojonegoro, dan kami berkesempatan mendapatkan  anggaran PAPBD. jadi silahkan membuat usulan” sambutnya.

Moh Subeki, Ketua PHRI menyambut baik adanya pameran senirupa ini. pihaknya berharap kepada pemangku kebijakan, untuk memperhatikan langkah dari komunitas senirupa Bojonegoro. dia melihat banyak potensi yang ada di diri para seniman di Bojonegoro.

Seperti diketahui Pameran seni rupa yang digelar ini terlaksana selama empat hari. sejak 2 sampai 6 Agustus 2019. dan menampilkan 120 karya yang meliputi seni patung, relief, grafis, instalasi, dan kriya seni. (*/wan