Sedulur Sikep Menggelar Festival Samin Ke-5

0
50

Bojonegoro – Untuk kesekian kalinya “Sedulur Sikep” (sebutan masyarakat Samin) menggelar kegiatan Festival samin. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Jepang Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro pada Minggu (14/11) merupakan perhelatan ke-5 yang telah diadakan.

Dalam rangkaian Festival Samin ini berlangsung selama 5 hari mulai 10 sampai 14 November. kegiatan ini juga meluncurkan Bumi Perkemahan Kampung Samin dengan tema ‘Desa Wisata Berbasis Budaya Samin’.

Wakil dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Lilis menyebutkan bahwa pihak dari provinsi sangat bangga dan sangat menghargai masyarakat Samin yang telah menjadi ikon Kabupaten Bojonegoro.

“Ini merupakan suatu bukti yang sangat dibanggakan bahwa masyarakat Samin memiliki andil yang besar untuk kemajuan kebudayaan baik di kabupaten, provinsi dan mudah-mudahan bisa sampai tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu Camat margomulyo, Diah Enggarini Putri menuturkan banyak terimakasih atas dukungan berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Festival Samin ini. Pihaknya juga merasa bangga melihat masyarakat Samin kental dengan budayanya, keramahannya, dan sangat menghargai kejujuran.

“Bumi perkemahan ini baru saja jadi karena dengan adanya program desa berdaya, pak kades mencari format yang sekiranya apa yang harus ditonjolkan karena budaya tentang roso harus dibangun fisik yang bisa memvisualisasikan budaya yang ada,” Sambutnya.

Enggar menjelaskan bahwa wisata baru ini dibangun dengan inisiasi murni dibangun secara gotong royong dilaksanakan ikhlas dan melibatkan masyarakat sekitar, Diah berharap dengan adanya wisata baru ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat sekitar. “Semangat gotong royong, semangat keikhlasan, semangat membangun ini senantiasa tumbuh di warga Samin,” tambahnya.

Dihadiri juga oleh Wakil dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, DPRD Bojonegoro, Wakil Kepala DPMD Bojonegoro, KPH Ngawi dan Padangan, serta jajaran Forkopimcam Margomulyo.(*

LEAVE A REPLY